Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 74 Rahmat Allah
Kamis, 16 Februari 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 74 – Rahmat Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 18 Rajab 1444 H / 9 Februari 2023 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 74 – Rahmat Allah

يَخْتَصُّ بِرَحْمَتِهِ مَن يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

“Allah mengkhususkan rahmatNya kepada siapa yang Allah kehendaki dan Allah memiliki karunia yang besar.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 74)

Allah mengkhususkan rahmat kepada siapa yang Allah kehendaki. Akan tetapi Allah ‘Azza wa Jalla mengkhususkan rahmatNya kepada yang Allah kehendaki itu kalau dia berhak mendapatkan rahmat. Allah mengkhususkan rahmat kepada orang yang layak mendapatkan hal tersebut. Ini sebagaimana firman Allah Ta’ala:

اللَّهُ أَعْلَمُ حَيْثُ يَجْعَلُ رِسَالَتَهُ

“Allah lebih mengetahui kepada siapa Allah menugaskan tugas kerasulannya.” (QS. Al-An’am[6]: 124)

Semua perbuatan Allah yang dikaitkan dengan kehendak Allah, maka ia mengandung hikmah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَا تَشَاءُونَ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

“Kamu tidak bisa menempuh jalan itu kecuali atas kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana.” (QS. Al-Insan[76]: 30)

Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Mengetahui, Maha Bijaksana, Dia memberikan karuniaNya kepada siapa yang Dia kehendaki dari orang-orang yang berhak mendapatkan karunia tersebut.

Kemudian ayat yang mulia ini ditutup dengan firmanNya: “Dan Allah memiliki karunia yang besar.” Jadi yang memiliki karunia itu adalah Allah. Dan karuniaNya Allah sifati dengan Al-Adzim yang artinya luas dan banyak. Tidak ada karunia yang lebih besar daripada karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Perhatikanlah kenikmatan yang Allah anugerahkan kepada hamba-hamba Allah dari awal dunia sampai akhirnya. Semua hal tersebut itu tidak mengurangi apa yang ada di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52698-tafsir-ali-imran-ayat-74-rahmat-allah/